PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUN ORANG TUA DALAM MENANGANI BALITA TERSEDAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGASWIDAK PALEMBANG

Authors

  • Septi Ardianty
  • Sutrisno IKesT Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.52523/jika.v2i1.88

Keywords:

Pendidikan Kesehatan Video, Pengetahuan, Balita Tersedak

Abstract

Latar Belakang: Tersedak atau choking adalah obstruksi atau tersumbatnya jalan napas oleh benda asing. Upaya dalam penanganan tersedak dapat dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam menangani balita tersedak di wilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang Tahun 2023. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experiment, dengan rancangan one group pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu orang tua yang memiliki anak usia dibawah 5 tahun, didapatkan sebanyak 40 orang. Hasil: Hasil penelitian dengan analisa data menggunakan uji Paired Sample T-test. Menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video dengan nilai rata-rata pengetahuan orang tua sebelum dilakukan (pre-test) 41.00. Sedangkan rata-rata pengetahuan orang tua setelah dilakukan pendidikan kesehatan (post-test) adalah 79.25. dengan nilai p-value = 0.001 (p value < 0.05). Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video terhadap pengetahuan orang tua dalam menangani balita tersedak di wilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Septi Ardianty, & Sutrisno. (2024). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUN ORANG TUA DALAM MENANGANI BALITA TERSEDAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGASWIDAK PALEMBANG. Jurnal Inspirasi Kesehatan, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.52523/jika.v2i1.88