PENGARUH MEDIA BOOKLET MENGGOSOK GIGI TERHADAP PENGETAHUAN ANAK UPAYA PENCEGAHAN KEDARURATAN GIGI
PENGARUH MEDIA BOOKLET MENGGOSOK GIGI TERHADAP PENGETAHUAN ANAK UPAYA PENCEGAHAN KEDARURATAN GIGI
DOI:
https://doi.org/10.52523/jika.v2i1.87Keywords:
booklet, pengetahuan, menggosok gigi, karies gigi, anak, pencegahanAbstract
Abstrak
Latar Belakang: Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi dengan cara yang benar dapat mencegah timbulnya plak dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Karies gigi yang tidak dirawat menimbulkan adanya rasa nyeri pada mulut, kesulitan mengunyah atau memakan makanan yang keras, susah tidur, ketidakhadiran di sekolah dan kesulitan dalam berkonsentrasi di kelas. Salah satu cara intervensi dalam meningkatkan pengetahuan anak dalam menjaga kesehatan gigi adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan gigi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan booklet. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media booklet menggosok gigi terhadap pengetahuan anak upaya mencegah karies gigi Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen pretest and postest without control. Sampel penelitian adalah anak sekolah dasar kelas IV,V dan VI berjumlah 30 responden. Hasil : Hasil uji statistik Paired sample T-Test didapatkan nilai rata-rata (mean) pengetahuan sebelum diberikan media booklet yaitu 59.17 dan pengetahuan sesudah diberikan media booklet yaitu 68.63 dengan selisih nilai mean 9 dan didapatkan nilai p value 0.001 Simpulan: Terdapat pengaruh media booklet terhadap pengetahuan tentang menggosok gigi anak. Hal ini memunjukkan media booklet efektif diberikan kepada anak sekolah dasar dalam meningkatkan pengetahuan mengenai menggosok gigi upaya pencegahan karies gigi
Kata Kunci : media booklet, pengetahuan, menggosok gigi, pencegahan, karies gigi, anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Inspirasi Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.