PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUN ORANG TUA DALAM MENANGANI BALITA TERSEDAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NAGASWIDAK PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.52523/jika.v2i1.88Keywords:
Pendidikan Kesehatan Video, Pengetahuan, Balita TersedakAbstract
Latar Belakang: Tersedak atau choking adalah obstruksi atau tersumbatnya jalan napas oleh benda asing. Upaya dalam penanganan tersedak dapat dilakukan dengan cara memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam menangani balita tersedak di wilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang Tahun 2023. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pre-experiment, dengan rancangan one group pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu orang tua yang memiliki anak usia dibawah 5 tahun, didapatkan sebanyak 40 orang. Hasil: Hasil penelitian dengan analisa data menggunakan uji Paired Sample T-test. Menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video dengan nilai rata-rata pengetahuan orang tua sebelum dilakukan (pre-test) 41.00. Sedangkan rata-rata pengetahuan orang tua setelah dilakukan pendidikan kesehatan (post-test) adalah 79.25. dengan nilai p-value = 0.001 (p value < 0.05). Simpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video terhadap pengetahuan orang tua dalam menangani balita tersedak di wilayah kerja Puskesmas Nagaswidak Palembang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Inspirasi Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.